Senin, 11 Oktober 2010

Nyobain Mata Normal (Dulu) (Lagi)

Pake kacamata itu ngga enak. Kalo luas daerah pandang seorang bermata normal kita anggap 100%, maka orang berkacamata adalah 65%. Segalanya terhalang. Begitu yang terjadi pada mata gue. Gue terpaksa jadi manusia jujur, kalo ga mau disebut kuda jalan ganesha yang ngga bisa ngelirik kiri kanan. Lirik contekan ngga bisa, lirik cewe cantik ngga bisa, lirik dosen yang cakep juga ga bisa (soalnya emang ngga ada objeknya). Kiranya bener kata Sherina Munaf pas lagi nyanyi ama Derby Romero, lirik emang tanda tak mampu.


Dan gue pun telah mengalami penderitaan ini selama kurang lebih 5 tahun. Terhitung sejak kelas 2 SMA gue make kacamata. Dulu, SMA gue cukup nyaman dengan make kacamata pas di kelas doang. Tapi ternyata minus gue nambahnya gila-gilaan. Nyokap gue mencak-mencak, soalnya dia ga paham sama filosofi "Semakin pinter pelajar, kacamatanya semakin tebel". Sampai akhirnya, waktu gue ngga lagi banyak tingkah polah kaya di SMA, gue make kacamata gue itu terus. Setelah jalan 2 tahun di bangku kuliah ini, gue sadar kalo gue mulai identik dengan kacamata. Sempet gue dibilang Ibu2 penjual nasi, "Wah, Mas mirip Afgan yah?". Heh. "Tapi kurang putih dikit, kurang gendut dikit, kurang bla..bla..bla..". Yee itu mah tukang parkir di Nyawang juga lo bilang gitu juga bener. Langsung gue bayar tuh nasi ama sekalian uang tutup mulut buat tiga minggu. Emang sih gue lumayan sering dibilang begitu, ngga sama si ibu-ibu penjual nasi itu doang. Sama orang yang baru gue kenal, temen-temen gue, tetangga, ibu-ibu di pinggir jalan. Dan kalo gue teliti yang ngomong gue begitu tuh cuman orang tua, lalu dengan sangat mudah gue simpulin si orang-orang itu emang daya penglihatannya udah kaya opletnya Bang Mandra.


Oke, gue udah cukup sabar pake kacamata. Gue udah lelah. Gue rindu mata gue yang kaya dulu. Walopun mata gue dibilang mirip mata cewek (ngga tau kenapa, tapi gue suka dibilang begitu). Walopun ada temen gue yang takut ngeliat mata gue kalo ngga lagi pake kacamata (emang gue Sasuke?). Gue pengen seenggaknya sehari dua hari nyobain ngga pake kacamata, tapi ngga juga kehilangan kemampuan scanning gue akan cewe-cewe cantik di Campus Center. Lalu gue putuskan untuk nyobain softlens.


Pas gue beli nih. Dibukalah si tabung tempat softlens bening gue dikemas. Si-Mbak-Optik membuka nya, satu tabung yang sebelah kanan beres, doi tunjukin tuh softlensnya yang bening, hampir ngga keliatan. Lalu tabung kedua. Si-Mbak-Optik keliatan bingung, celingak-celinguk, puter puter tuh kepalanya, maen-maenin jarinya. Ternyata gue emang lagi liat video Senam Kesegaran Jasmani untuk manula. Kaga, serius nih, softlens baru gue ilang! Si Mbak-Optik ini jelas-jelas ngerasa takut dan bingung. Lalu gue bantu nyari pake jasa detektif, ya enggaklah. Syukurlah, setelah Si Mbak-Optik mandi kembang tiga belas ribu rupa, si softlens gue itu ketemu. Tapi ga tau gue di mana Si Mbak-Optik itu nemuinnya. Kayanya sih di rumah neneknya.


Gue cobain tuh softlens pertama-tama di mata kanan gue. Lancar, masuk dia. Lalu gue coba si softlens ilang di mata kiri. Masuk. Tapi rasanya aneh. Mata gue jadi ngga enak pas dipake mejem, kaya ada yang ganjel. Lalu disuruh dah sama Si-Mbak-Optik buat ngelepas. Gue turutin. Gue pasang lagi. Eh, masih aja ganjel. Sampe prosedur "pasang-lepas-bersihkan-pasang lagi" anjuran Si-Mbak-Optik itu gue lakuin ampe 5 kali, gue nyerah. Si-Mbak-Optik bilangnya sih, "Kalo masih awal-awal sih emang suka ngga enak gitu, Mas". Nah, lalu mata kanan gue kalainan nih ceritanya? Kok dia nyaman-nyaman aja? Gue mulai curiga nih ama Si-Mbak-Optik. Yaudahlah, gue paksain make, apalagi pas banget kacamata gue lagi diperbaiki, jadi gue harus make (mau lanjut kuliah juga ceritanya). Di jalan, gue ngeliat make mata kanan gue doang. Dalam hati, sialan nih, softelns kiri gue kayanya salah size nih.


Sampe kampus lagi, gue udah ngga betah banget tuh ama si softlens yang lagi unjuk rasa gara-gara dibiarin ilang. Gue coba ganti di toillet baru deket himpunan. Pas gue copot, eh si doi malah jatuh, untung ngga masuk ke closet nya. Bisa jadi softlens warna coklat ntar. Dan beruntung gue, si softlens gue yang barusan aja ilang untuk kedua kalinya dalam sehari itu gue temuin. Gue udah desperate. Udah, gue pake satu aja lah, toh masih bisa ngeliat juga. Gue masuk lagi ke kelas.


Sekian lama merhatiin dosen ngomong, gue ngerasa emang ngga enak tuh make softlens cuman satu. Kayanya mata lo tuh pincang banget. Satu hampir normal, satu lagi ngeliat kambing aja jadi kaya badak. Aneh banget. Dan gue juga ngerasa ga keren. Ga ambil pusing, gue keluar kelas terus gue pake lagi dah di WC Campus Center yang ada kacanya. Kepasang. Dan kayanya oke-oke aja. Lhoh, kok ngga kerasa ganjel ya? Enak-enak aja. Ternyata dari tadi si  softlens gue itu kebalik! Langsung gue telfon Dirjen Pekerjaan Umum buat ninjau ulang kinerja Si-Mbak-Optik. Ampas, mana ada orang optik makein barang dagan ke pelanggannya kebalik. Gue serem kalo-kalo Si-Mbak-Optik itu jualan daleman ama topi bayi, bisa-bisa kalo ponakan gue belanja ke sana terus pulang-pulang di kepalanya nempel kolor motif zebra sambil ngomong, "Om, keren kan topi akuh??".




Tapi gue cuman make itu softlens selama 2 hari. Gue ngerasa bahwa gue emang masih berjodoh ama yang namanya kacamata.Setiap gue ngaca di kaca himpunan. kayanya ada sesuatu yang ilang dari muka gue. Ternyata hari itu emang gue lupa bawa alis kanan. Gue ngerasa lebih matching kalo pake kacamata. Dan pake softlens tuh super ribet! Bisa abis waktu kuliah gue buat masang softlens. Setelah kacamata gue beres diperbaiki, yaudah. Selamat tinggal "mata normal-mata normal"an!!




Pesan moral:
Ngga semua yang lo pengen itu adalah yang lo butuh.
Make softlens itu kalo lo bener-bener care aja ama kebersihan.
Jadi penjaga optik kayanya ngga susah.

2 komentar:

  1. Woi, AFGAN!
    Haha!

    Kayak gue dong, dari kecil gue punya kebiasaan kayak kelinci. Makan wortel batangan!
    Alhamdulillah Wa Syukurillah ane gak berurusan dengan kacamata/softlens.

    Haha!

    BalasHapus
  2. Yo,he, whatsap! Ngaahaha.

    Iye nih, dulu sempet dicoba begituan. Sayangnya gue ga doyan ama wortel. Satu2nya olahan wortel yg gue suka cuman capcay SR! haha.

    BalasHapus