Rabu, 27 Oktober 2010

Memahami Sesuatu yang Telah Menjadi Klise

Sudahkah anda memahami betul makna dari sebuah pesan mutiara (yang sangat klasik dan telah menjadi klise oleh bibir manusia) "Don't judge the book by it's cover" ?
Saya menemukan sebuah fakta yang bisa menjadi alat bagi kita sekalian mendalami makna dari pesan hidup yang brilian tersebut. Ini benar-benar fakta, artinya sungguh-sungguh terjadi di kehidupan manusia, bahkan dikenal oleh semua manusia di seluruh penjuru dunia.


Cara menikmati posting saya (yang repost ini) adalah cukup dengan memikirkan jawaban dari setiap pertanyaan dalam kasus yang saya tampilkan. Pikirkan baik-baik jawaban Anda sehingga Anda memperoleh makna dibalik cara sang pembuat asli tulisan ini menyampaikan pesannya melalui pertanyaan-pertanyaan. Setelah jawaban terpikirkan oleh Anda, maka silahkan Anda buka fakta sebenarnya dari pertanyaan tersebut.


Enjoy. 
Semoga siapapun Anda yang membaca dapat memahami betul arti dari sebuah pesan hidup yang entah diciptakan oleh siapa, namun (menurut saya) sangat-sangat brilian:


"Don't judge the book by it's cover".




--Kasus 1--
Bayangkan bahwa Anda hidup pada tahun 1700-an. Anda secara tak sengaja menemui seorang wanita yang sedang hamil. Wanita tersebut telah memiliki 8 orang anak. 3 orang di antaranya tuli, 2 orang buta, dan 1 orang mengalami keterbelakangan mental. Artinya, hanya 2 dari 8 orang anaknya lahir sebagai manusia normal.


Pertanyaannya adalah: Apakah Anda akan merekomendasikan wanita tersebut untuk menggugurkan bayi yang sedang dikandungnya?




--Kasus 2--
Bayangkan jika manusia di dunia berhasil menciptakan sistem untuk dipimpin oleh seorang yang sangat superior dan powerful serta dijunjung tinggi oleh semua suku, agama, dan etnis. Kita sebut pemimpin tersebut sebagai Presiden Dunia. Lalu dalam waktu, akan diadakan pemilihan umum calon presiden dunia untuk periode mendatang. Berikut adalah ketiga calon presiden dunia yang akan Anda pilih beserta behavior secara umum:


Kandidat A:
Bekerja sama dengan politisi yang tidak jujur dan konsultasi dengan astrologis. Ia memiliki dua orang istri. Ia juga perokok dan minum 8 - 10 botol martini per hari. Ia juga penyandang cacat kaki.

Kandidat B:
Ia dikeluarkan dari pekerjaannya 2 kali, selalu tidur sampai siang, pemakai opium waktu sekolah dan minum seperempat whiskey tiap malam.

Kandidat C:
Ia adalah pahlawan perang, vegetarian, tidak merokok, minum bir hanya kadang2, dan tidak pernah selingkuh..


Pertanyaannya adalah: Kandidat mana yang akan Anda pilih?




Lalu, inilah faktanya!




--Fakta dari Kasus 1--


Jika Anda menjawab Ya untuk merekomendasikan kepada wanita tersebut untuk melakukan aborsi, maka Anda telah membunuh seorang:


Beethoven.
Salah seorang musisi terbaik dalam sejarah umat manusia. Seorang jenius yang karya-karyanya telah memberi pengaruh besar terhadap dunia, meskipun mempunyai cacat dalam pendengaran.




--Fakta dari Kasus 2--


Jika Anda memilih kandidat A, berarti Anda telah memilih:




Franklin Delano Roosevelt
Presiden ke-32 Amerika Serikat dan satu-satunya presiden yang terpilih 4 kali dalam sejarah AS. Seorang lumpuh kaki yang mempunyai kegigihan dalam melawan rezim Nazi dan kekaisaran Jepang.




Jika Anda memilih kandidat B, berarti Anda telah memilih:




Winston Churchill
Seorang perdana menteri paling sukses dalam sejarah Britania Raya. Merupakan ahli strategi, orator ulung, diplomat, dan politisi terkemuka selama Perang Dunia Kedua.




Jika Anda memilih kandidat C, berarti Anda telah memilih:




Adolf Hitler
Kanselir sekaligus presiden Jerman dengan Partai Nazi sebagai tunggangannya dalam menguasai dunia. Seorang ahli strategi, orator handal, sekaligus pembantai paling kejam dalam sejarah dunia. Selama masa hidup rezimnya, kurang lebih ratusan ribu nyawa warga komunis, Yahudi, dan bangsa non-arya melayang oleh tangan besi Hitler.








Ingat.
Yang terlihat baik belum tentu baik.
Yang terlihat buruk belum tentu buruk.


Kapal Titanic yang mengesankan pada akhirnya tenggelam mengenaskan, namun bahtera Nuh yang sederhana menyelamatkan jutaan makhluk hidup di bumi.


Latar belakang, kekurangan, penampilan, tidak akan menghalangi apapun dan siapapun untuk menjadi berarti bagi banyak orang, selama Ia percaya pada ke-Maha Kuasa-an Allah SWT.


So, Don't judge the book by it's cover.


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar