Senin, 07 Juni 2010

Selamat Datang, Piala Dunia!

Postingan ini aku tulis ketika perhelatan Piala Dunia kurang 4 hari lagi.




Piala Dunia memang sangat-sangat dinantikan oleh pecandu sepak bola di seluruh dunia.
Tak terkecuali bagiku.
Piala Dunia memang berbeda.
Berbeda sekali dengan liga-liga reguler yang diadakan masing-masing negara tiap tahunnya. Berbeda juga dengan Liga Champions yang hanya milik klub-klub eropa.
Bahkan Piala Dunia berbeda dengan Euro meskipun sama-sama dihelat tiap 4 tahun.





Kenikmatan menyaksikan pemain-pemain dari segala benua di planet bumi sangat spesial bagiku.
Di sana ada energi yang meletup-letup setiap pertandingan.
Energi yang menurutku berasal dari rasa nasionalisme tiap-tiap pemain yang berlaga, tiap-tiap supporter yang datang menyaksikan tim kebanggaannya, tiap-tiap elemen dalam Piala Dunia itu sendiri.
Energi yang sangat bisa kau rasakan walapun negaramu tak turut serta dalam kompetisi yang luar biasa ini.


Di Piala Dunia, uang bukan yang utama.
Buat apa pemain-pemain seperti Cristiano Ronaldo, Kaka, atau Lionel Messi mau berpeluh dan merelakan masa jeda kompetisi atau (dalam bahasa anak sekolah) liburan mereka, kalau hanya demi uang.
Nasionalsme lah yang menggerakkan mereka, juga semua pemain terbaik dari tiap-tiap kontestan untuk bertanding di sini. Harapan yang digantungkan oleh semua orang di negaranya-lah yang membuat mereka tak lelah berlari.
Kompetisi yang sangat natural.
Kompeisi yang sekali lagi, sangat sangat berenergi.


Aku sendiri sudah merindukan Piala Dunia ini.
Aku tak akan memilih tim mana yang akan kulihat ataupun yang tidak. Aku tak akan menyortir Jadwal Pertandingan Piala Dunia 2010 dan mengganti judulnya dengan "Jadwal Pertandingan Wajib Tonton". Aku tak akan melihat pertandingan-pertandingan itu hanya sebagai media pelepas lelah, apalagi sebagai pengantar tidur.
Aku akan menyaksikan setiap laga yang aku bisa menyaksikannya. Tak peduli tim mana pun yang bertanding. Aku ingin buta akan kecintaan kepada sebuah tim. Aku ingin menjadi pecinta bola yang alami. Yang merasakan energi dari semua tim yang berlaga.


Selamat menyaksikan Piala Dunia.
Perhelatan yang akan membuat semua orang menyatu dalam harapan, suka dan cita, atau mungkin duka.
Perhelatan yang sudah kau nanti-natikan.
Perhelatan yang akan membuat kita bersyukur telah dilahirkan sebagai manusia.


Selamat Datang, Piala Dunia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar